Selasa, 08 April 2014

Dosa Membongkar aib saudaranya seiman

Bismillahirrahmanirrahim...


Membongkar aib saudaranya seiman dan menuduhnya..
Termasuk dosa yang disegerakan balasannya didunia adalah dosa ghibah, dosa yang Allah perumpamakan dalam Al-Qur'an dengan memakan daging bangkai saudara kita, sebagaimana yang difirmankan :

"Hai orang - orang yang beriman, jauhilah kebanyakan prasangka (kecurigaan), karena sebagian dari prasangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seseorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati?maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertawakalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang." (QS. Al-Hujurat : 12)

Dan balasan yang disegerakan bagi para pengghibah adalah Allah pun akan membeberkan aibnya dimata manusia. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : 

"Janganlah membeberkan aib kaum muslimin dan janganlah mencari-cari kesalahan mereka, barang siapa melakukannya maka Allah akan mencari-cari aibnya dan Allah akan membeberkannya (dihadapan manusia)." (HR. Tirmidzi : 2032)

Dan Allah pun menyegerakan adzab yang pedih didunia bagi para penyebar gosip dan tukang fitnah. Allah Ta'ala berfirman :

"Sesungguhnya orang-orang yang ingin agar (berita) perbuatan yang amat keji itu tersiar dikalangan orang-orang beriman bagi mereka azab yang pedih di dunia dan di akhira. Dan Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." (QS An-Nur : 19)

Allah Ta'ala berfirman juga : 
"Sesungguhnya orang-orang yang menuduh wanita baik-baik yang lengah (untuk berbuat dosa) lagi beriman (berbuat zina), mereka terlaknat di dunia dan di akhirat, dan bagi mereka azab yang besar." (QS. An-Nur : 23)..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar